Perbedaan Router, Bridge, Switch, dan Hub Pada Jaringan Komputer

perbedaan router dan swicht hub, bridge

Ketika melakukan pengiriman sebuah data/informasi dari satu komputer ke komputer lainnya. Kita Seringkali menggunakan sebuah alat sebagai terminal atau penghubung komunikasi antar komputer. Sekarang ini, bukan hanya komputer saja yang dapat terhubung dengan jaringan, melainkan beberapa perangkat seperti printer, iot, bahkan smartphone juga dapat saling terhubung.

Jika kita ingin mempelajari device terminal penghubung tersebut, kita bisa mulai dari device yang paling sederhana hingga yang paling canggih. Device yang bekerja secara sederhana hanya bisa menghubugkan antar komputer, sedangkan yang paling canggih bisa mengatur kemana arah data dapat dilewatkan, atau mengijinkan dan melarang data keluar masuk ke suatu komputer bahkan jaringan.

Perbedaan Hub, Bridge, Switch dan Router

  1. Hubtopologi hub - infokomunikasi.com

    Hub merupakan sebuah konsentrator, Informasi yang dikirim ke komputer tujuan melalui hub, maka informasi tersebut akan mengalir ke semua komputer yang terhubung. Dengan kondisi seperti ini maka dapat menyebabkan trafik yang tinggi.

    Sebuah hub tidak bisa membaca kemana informasi akan dikirimkan, dia hanya meneruskan informasi tersebut ke semua komputer yang terhubung. Bisa dibayangkan jika ada beberapa komputer mengirimkan informasi secara bersamaan, hal ini sudah pasti menjadi beban jaringan yang menyebabkan putusnya semua koneksi.

  2. Bridgetopologi bridge - infokomunikasi.com

    Bridge merupakan device yang digunakan untuk menghubungkan dua buah segmen pada jaringan. Bridge biasa juga disebut dengan transparent bridge yang bekerja pada lapisan Data Link dalam model OSI 7 Layer.

    Saya berikan contoh dua segmen berikut:

    192.168.0.0 ada ip address 192.168.0.1 s/d 192.168.0.254  => sebut saja segmen 0

    192.168.1.0 ada ip address 192.168.1.1 s/d 192.168.1.254 => segmen 1

    Berbeda dengan hub, bridge suda bisa mengetahui apakah informasi yang dikirimkan untuk komputer yang satu segmen atau berbeda segmenya.

    Jika informasi dikirimkan ke komputer yang satu segmen maka bridge akan meneruskannya ke komputer yang dituju tersebut, lalu dia juga menutup jalur ke segmen yang lain.

    Sebaliknya jika informasi yang dikirimkan untuk komputer pada segmen yang berbeda maka bridge akan meneruskan ke segmen tujuanSingkatnya adalah:

    Informasi yang terkirim dalam satu segmen tidak akan bisa masuk ke segmen lain,
    Informasi dapat terkirim ke segmen lain, dengan syarat informasi itu tertuju pada komputer di segmen lain

    Kata segmen dalam IP Address lebih tepat adalah Subnet, hanya saja bridge tidak kenal istilah subnet, juga tidak mengenal alamat logika seperti IP Address. Bridge hanya mengenali alamat fisik komputer yang kita kenal sebagai MAC Address (Alamat Media Access Control), maka dari itu bridge mengetahui mana saja komputer yang terhubung dalam satu segmen dan komputer-komputer di segmen lainnya.

  3. Switchtopologi switch - infokomunikasi.com

    Setelah memahami fungsi bridge, maka akan lebih mudah kita memahami switch. Switch merupakan perangkat jaringan yang berfungsi sebagai terminal atau konsentrator pada sebuah jaringan.Swicth mempunyai kemampuan untuk mempelajari alamat seperti halnya bridge, hanya saja mempunyai banyak port. Sehingga patut juga kita katakan switch adalah multiport bridge.

    Perkembangan switch terus dilanjutkan, sehingga sekarang sudah banyak switch yang mempunyai kemampuan tinggi seperti MLS (multilayer switch), yang mempunyai fitur seperti VLAN, IP Security, Type os Service, Quality of Service, dan masih banyak fitur yang lainnya.

  4. Routerrouter cisco info komunikasi

    Router merupakan perangkat yang paling canggih dari beberapa perangkat diatas. Router berfungsi untuk menghubungkan beberapa network. Jika sebuah perusahaan mempunyai banyak divisi dan dibuatkan network untuk tiap-tiap divisinya maka itu adalah salah satu kemampuan router.

    Kemampuannya yang paling terkenal adalah router mampu me-routing atau dalam bahasa mudahnya mampu membuat jalan, memberi akses jalan, memblokir jalan, mengatur kecepatan, dan lainnya.Jika ada informasi dikirimkan ke sebuah komputer yang berbeda network, maka dia mampu melakukannya, dia mampu mencegahnya, bahkan dia mampu mengatur semua keluar masuknya informasi dari beberapa jaringan.

 

Untuk saat ini saya kira cukup beberapa saja yang kita pelajari, karena meskipun masih banyak perangkat yang lain. Bisa dipastikan akan mempunyai fungsi dari salah satu perangkat di atas.

Please follow and like us:
error

Related posts

Leave a Comment