Memahami Point to Point Jaringan Komputer

point to point tingkat lanjut

Dalam setiap jaringan komputer kita biasa menggunakan sebuah hub, switch, atau router untuk dapat berkomunikasi antara satu koputer dengan yang lainya. Namun bagaimana seandainya kita ingin membuat jaringan tanda device tersebut. Dalam artian kita membuat jaringan komputer hanya dengan kabel utp, konektor rj45, dan ethernet yang terpasang di komputer. Kita mulai dari point to point dua komputer

Point to point dua komputer

jaringan point to point

Untuk membuat koneksi antar komputer seperti gambar di atas, kita memerlukan sebuah syarat, yaitu: kabel cross over, dan cukup 1 ethernet pada masing-masing komputer. Selanjutnya kita konfigurasi pada logicalnya yaitu ip address pada tiap komputer, misal saja: 192.168.0.1 (PC A) dan 192.168.0.2 dengan subnet mask untuk keduanya adalah 255.255.255.0. Begitulah jaringan point to point yang paling sederhana.

Point to point lebih dari dua komputer

Untuk membuat koneksi lebih dari dua komputer dengan point to point maka komputer harus mempunyai dua buah ethernet. Dimana ethernet tambahan tersebut kita konfigurasi sebagai bridge dari ethernet pertama (yang sudah terhubung dengan komputer lain). Seperti pada gambar berikut

point to point tingkat lanjut

Gambar di atas menunjukan sebuah point to point yang digunakan oleh 2, 3, dan 4 komputer, dimana jalur komunikasi yang digunakan adalah pada masing-masing komputer itu sendiri.

Untuk mempelajari perangkat jaringan router bisa Anda baca di postingan Macam-macam router. Sedangkan untuk lebih mengetahui tipe jaringan bisa dibaca di tipe komunikasi jaringan.

Please follow and like us:
error

Related posts

Leave a Comment