Masa Lalu Sistem Komunikasi GSM

sejarah dan sistem GSM

Sistem komunikasi GSM (Global System for Mobile Communications) adalah sistem komunikasi seluler standar generasi kedua yang dikembangkan untuk mengatasi masalah sistem yang terpisah-pisah pada sistem seluler generasi pertama di Eropa. GSM merupakan sistem seluler pertama di dunia yang memiliki rincian modulasi digital dan arsitektur ditingkat jaringan serta layanan. Pada mulanya, tujuan dari pengembangan GSM bertujuan agar dapat berfungsi sebagai layanan seluler di seluruh wilayah Eropa, dan juga memastikan dapat memperluas jaringan melalui penggunaan ISDN. Tak disangka-sangka GSM sangat sukses melampui perkiraan setiap orang. Sehingga GSM juga pernah menjadi standar paling populer bagi telepon seluler di seluruh dunia.

Pertama kai diperkenalnya GSM pada tahun 1991 di benua Eropa. Lalu pada akhir tahun 1993, beberrapa negara seperti di Amerika Selatan, Asia dan Australia ikut mengadopsi GSM dan turunannya. Secara teknis DCS 1800 adalah yang menangani layanan komunikasi personal disebut Personal Communication Services (PCS) di pita 1,8 GHz sampai 2,0 GHz. Di negara Indonesia sampai saat ini operator GSM di pita 900 MHz ada tiga operator, yaitu PT Telkomsel, PT Satelindo, dan PT Excelcomindo Pratama, sedangkan di pita 1800 MHz adalah PT Indosat dengan IM3nya.

 

Fitur dan Layanan Sistem GSM

Berikut adalah fitur dan layanan sistem GSM pada masanya dimana masih mengikuti garis pokok ISDN yang memungkinkan pengguna dapat menikmati layanan-layanan sebagai berikut:

Layanan Telepon

Selain dapat memberikan layanan telepon biasa, layanan GSM juga mencakup panggilan darurat dan faksimile. GSM juga sanggup menangani videoteks dan teleteks. Meskipun videoteks dan teleteks bukan merupakan bagian dari fungsi sistem utama GSM

Layanan Data

Dapat menangani layanan yang mencakup protokol-protokol tersakelar paket dengan kecepatan data 300 bps sampai dengan 9,6 kbps. GSM dapat mentransmisikan data dengan baik menggunakan transparance mode.

Layanan ISDN Suplementer

Mencakup pengalihan panggilan (jika yang dituju sedang sibuk),  Layanan-untuk kelompok/group yang sifatnya tertutup (tidak semua orang bisa masuk kedalam komunikasi kelompok tersebut) misalnya perusahaan, group tertutup atau klub-klub tertutup. Yang kemampuan ini tidak bisa dilaksanan dengan sistem komunikasi generasi sebelumnya yang masih analog.

Layanan Suplementer SMS

Mencakup layanan pesan pendek / SMS (Short Mesage Service) dengan cara kerjanya adalah memungkinkan para pelanggan GSM dan BTS memancarkan pesan alphanumeris dengan panjang karakter yang terbatas (160 karekter) atau 7 bit dalam ASCII.

 

sumber: Modern Radio Communication Articles

Please follow and like us:
error

Related posts

Leave a Comment